Bumiayu Juara 1 AIKID 2019

Lurah Bumiayu (Siswanto Heru Suparnadi, S.Sos, MM) menerima piala Juara 1 AIKID Kota Malang Tahun 2019 Kategori Website Kelurahan Terbaik dari Walikota Malang (Drs. H. Sutiaji)

BumiAyuTenan – Terimakasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah mensupport,  memotivasi, memberikan masukan dan mengantarkan Kelurahan Bumiayu menjadi Juara 1 Kategori Website Terbaik Kelurahan dalam ajang Anugerah Inovasi dan Kreativitas Informasi Digital (AIKID) 2019. Event yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informasi Pemerintah Kota Malang tersebut melibatkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kota (Pemkot) Malang dalam penilaian media sosial dan website.

Anugerah Inovasi dan Kreativitas Informasi Digital (AIKID) merupakan kegiatan yang diadakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinas Kominfo) Kota Malang yang melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Malang. Kegiatan AIKID ini merupakan kegiatan yang diadakan dalam rangka monitoring, evaluasi, dan meningkatkan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) oleh OPD dan unit kerja di lingkungan Pemerintah Kota Malang. Harapan dari AIKID ini adalah untuk memotivasi OPD dan dunia pendidikan agar dapat meningkatkan pengembangan dan pemanfaatan TIK dalam rangka penyebarluasan informasi publik dan meningkatkan kualitas pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kota Malang.

Ada 3 (tiga) Aspek penilaian dari AIKID Tahun 2019, yaitu :

Tata Kelola TIK

  • Kebijakan (SK dan struktur organisasi)
  • Renja (Rencana Kerja) dan/atau SKP (Sasaran Kinerja Pegawai) yang berkaitan dengan pengelolaan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi), website, dan media komunikasi organisasi
  • Infrastruktur (Software, Hardware, dan SDM)
  • SoP/POS (Prosedur Operasional Standar)

 

Aktivitas Website dan MedSos

  • Fitur (Fasilitas Pencarian, Link, Statistik, Sitemap, Navigasi, dan kecepatan website)
  • Layanan (Teknis, Frekuensi Update, Kelengkapan Informasi)
  • Inovasi (Pemanfaatan Multimedia, keragaman akses dan Medsos)
  • Estetika (Estetika desain media dan layouting web)
  • Interaktif (Chating dan Respons admin)

 

Polling/Jajak Pendapat

  • Jumlah Pengunjung Website
  • Jumlah Pengikut/Pelanggan Media Sosial
  • Pilihan User

Polling ini menjadi salah satu aspek penilaian dalam AIKID (Anugerah Inovasi dan Kreativitas Informasi Digital) 2019. AIKID merupakan kompetisi mengenai tata kelola TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi), pengelolaan website dan media sosial yang diikuti oleh perangkat daerah, BUMD, dan SMP Negeri di Kota Malang.

Acara Malam Penganugerahan AIKID 2019 di gelar pada Rabu, 16 Oktober 2019 di Hotel Savana Convention Kota Malang dengan dihadiri Wakil Gubernur Jawa Timur Dr. H. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, Walikota Malang Drs. H. Sutiaji, Wakil Walikota Malang Ir. Sofyan Edi Jarwoko, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Malang Hj. Widayati, S.Sos, MM, Ketua DPRD Kota Malang I Made Rian Diana Kartika, Kepala OPD, Camat, Lurah serta Kepala Sekolah se Kota Malang dan tidak ketinggalan Admin Website se Kota Malang, berikut ini adalah pemenang dari Lomba AIKID 2019 sebagai berikut :

Kategori Sosial Media Terbaik OPD dan Sekretariat, BUMD
Juara 1 : PDAM Kota Malang
Juara 2 : Dinas Pendidikan Kota Malang
Juara 3 : Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian dan Keluarga berencana

Kategori Website Terbaik OPD dan Sekretariat, BUMD
Juara 1 : Dinas Pendidikan Kota Malang
Juara 2 : DISPERKIM Kota Malang
Juara 3 : PDAM Kota Malang

Kategori Website Terbaik Kelurahan
Juara 1 : Kelurahan Bumiayu
Juara 2 : Kelurahan Purwantoro
Juara 3 : Kelurahan Ciptomulyo

Kategori Website SMP Negeri Terbaik
Juara 1 : SMPN 12 Malang
Juara 2 : SMPN 6 Malang
Juara 3 : SMPN 21 Malang

Website Favorite
OPD = Dinas Pendidikan
Sekretariat dan BUMD = PDAM Kota Malang
Kelurahan = Kelurahan Klojen
SMP Negeri = SMPN 12 Malang