Home / Kegiatan / PELATIHAN MEMBATIK BAGI PKK

PELATIHAN MEMBATIK BAGI PKK

BumiAyuTenan – Sungguh luar biasa kreativitas Ibu-Ibu PKK Kelurahan Bumiayu dalam Kegiatan Peningkatan Mutu dan Standarisasi Produk Industri Kimia yang diadakan di Soendari Batik and Art Gallery, meskipun PKK Kelurahan Bumiayu masih pemula dan baru kali ini mengikuti pelatihan membatik tapi hasilnya bagus dan sangat memuaskan.

Dari kegiatan ini diharapkan masyarakat bisa mengembangkan keterampilan peserta pelatihan serta untuk mengembangkan kain batik khas daerah sehingga terciptalah kain khas daerah. Pelaksanaan pelatihan membatik tidak hanya memberikan keterampilan membatik melainkan juga dapat menumbuhkan motivasi berwirausaha bagi peserta pelatihan.

Proses pelatihan berlangsung dimulai dari penggunaan modul, sarana dan prasarana, metode pelatihan serta pendanaan. Pada penggunaan modul hal yang pertama kali dilakukan oleh instruktur adalah pengenalan alat dan bahan membatik kepada peserta pelatihan. Selain pengenalan alat dan bahan secara langsung kepada peserta pelatihan, pihak pengelola juga memberikan modul yang didalamnya juga dijelaskan penggunaan alat dan bahan membatik sehingga peserta yang belum pernah mengenal alat dan bahan membatik dapat dengan mudah memahami. Hal tersebut juga menjadi salah satu manfaat dengan adanya modul karena selain mengenal alat dan bahan membatik, didalam modul juga terdapat cara membatik dan takaran untuk meracik pewarna pada kain batik. Pelatihan membatik berjalan dengan baik dengan adanya fasilitas sarana dan prasarana yang diberikan oleh pengelola Soendari Batik and Art Gallery kepada peserta pelatihan. Sarana dan prasarana selama proses pelatihan berlangsung meliputi ruang pelatihan, alat dan bahan pelatihan, dan rumah batik. Selain sarana prasarana dalam proses pelatihan juga terdapat metode pelatihan. Metode pelatihan yang dilakukan pada proses pelatihan membatik di Soendari Batik and Art Gallery adalah dengan cara mempraktekkan secara langsung dan peserta diharapkan dapat belajar secara mandiri sedangkan instruktur memberikan metode secara andragogik atau sesuai dengan pengalaman masing-masing dari peserta pelatihan.

Dalam proses pelaksanaan pelatihan membatik, peserta harus mengikuti beberapa tahapan diantaranya pembuatan pola atau motif batik, pemberian malam/ mencanting, pewarnaan/pencoletan, penutupan warna dengan malam /penembokan, pemberian warna dasar, pelorodan/ pelepasan warna, penjemuran, pemberian label (produk siap untuk dipasarkan). Pelatihan membatik ini dilaksanakan dengan tujuan agar masyarakat / Ibu PKK Kelurahan Bumiayu mampu meningkatkan keterampilannya di bidang membatik sehingga tercipta batik khas dari Malang atau batik hasil kreativitas masing-masing peserta.

Motivasi berwirausaha bagi peserta pelatihan membatik dapat dikatakan cukup baik mengingat sebagian besar dari peserta pelatihan merupakan ibu rumah tangga sehingga pelatihan membatik hanya dijadikan sebagai tambahan dalam menambah ilmu pengetahuan serta mengisi waktu luang di rumah. Akan tetapi keinginan untuk berwirausaha dalam diri setiap peserta semakin meningkat sebelum hingga sesudah pelatihan berlangsung. Faktor utama yang menjadi penghalang bagi peserta untuk berwirausaha di bidang membatik secara mandiri adalah modal usaha. Karena meskipun mereka memiliki keyakinan yang penuh terhadap bidang yang mereka kuasi, namun jika tidak memiliki modal yang cukup tentunya akan berpengaruh juga terhadap awal mereka memulai sebuah usaha di sektor batik yang juga memerlukan modal awal yang lumayan banyak.

 

 

About kelbumiayu

x

Check Also

Pemantapan Kader Posyandu Kelurahan

PKK Kelurahan Bumiayu meraih Juara Harapan III Tingkat Kecamatan Kedungkandang dalam kegiatan ...